Personel Satgas Citarum Harum Sub 14 Sektor 22 Melaksanakan Pembersihan Sampah Dan Sedimentasi Sungai Cikapundung Kel. Kujangsari Bandung Bandung. Mapolda.Com

Bandung. Mapolda.Com

Pelda Ujang Supriatna Dansub 14 sektor 22 Citarum Harum, membersihkan sedimentasi Sungai Cikapundung di Rw. 07 Kelurahan Kujangsari Bandung Kidul, Kamis (21/01/2021).

Pembersihan sedimentasi dilakukan bertahap di wilayah subsektor 14-22, dengan kelanjutan menyisir sungai membersihkan berikut rumput liar yang menumbuhi sedimentasi. 

Pelda Ujang berpendapat, bahwa bencana banjir lebih condong akibat adanya pembiaran adanya gumpalan sedimentasi, sehingga lebih lama lagi ditumbuhi rumput ditambah sampah lebih banyak tertahan rerumputan. 

"Biasanya kalo banjir itu salah satunya karena sedimentasi, lalu ditumbuhi rumput dan ini ditempati sampah yang terbawa arus air sehingga makin banyak sampah tersendat ditumpukan sedimentasi," kata Ujang.  

Penafsiran Pelda Ujang bisa masuk rasio, selama ini sebelum terjunnya Pasukan TNI ke pemeliharaan sungai sedimentasi sangat banyak ditumpangi sampah yang membludak karena berlarut larut terjadi pembiaran. 

Masifnya satgas citarum harum sektor 22 pada pembersihan dan pemeliraan sungai, maka berangsur sampah dan sedimentasi mengurang.

"Menurut kami sampai saat ini masih perlu adanya penguatan instruksi kepada aparat kewilayahan dan masyarakatnya, supaya sampah bisa berakhir ditempat masing masing rumah jangan sampai biasa tercecer dimana mana," imbuhnya. 

Aspek nalar masyarakat untuk tidak menyepelekan sampah masih belum sampai ke titik jera, walaupun sedikit tapi sampai saat ini sampah masih terlihat di sungai. 

Upaya ini sering dilakukan satgas sektor 22, yaitu setiap anggota harus melakukan patroli sungai sekaligus dialogis ketiap masyarakat, dengan mensosialisasikan program citarum harum. 

"Saya dan temen temen satgas sering melaksanakan Komsos kepada warga mengenalkan program Citarum Harum di wilayah sub 14, dan patroli sungai," ujar Ujang. 

Komunikasi Sosial (komsos) adalah satgas melakukan sosialisasi kepada warga, ini sebagai upaya edukasi kepada mereka supaya bisa merubah mindset nya agar sungai bisa kembali bersih dan sehat.  (Benny)**

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

{getFeatured} $results={5} $label={recent}

Unordered List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Support

Break