Dansub 06 Sektor 22 Satgas Citarum Harum Gabungan Antar Kelurahan Untuk Membersihkan Sungai Cikendal Akan Terus Berkelanjutan Sehingga Ada Keseriusan Yang Kuat Dari Kewilayahan Untuk Membereskannya

Bandung. Mapolda.Com

Satgas Citarum Harum, Peltu Mulyanto (Dansub 06 sektor 22) menghimpun 3 (tiga) kelurahan untuk menggarap pembersihan Sungai Cikendal di wilayah Rw.01 Cigondewah Kaler Kecamatan Bandung Kulon, Kamis (14/01/2021).

Bersatunya tiga kelurahan tersebut adalah Kelurahan Cigindewah Kaler, Cigondewah Rahayu dan Cigondewah Kidul untuk meningkatkan kebersamaan pada kepedulian sungai dan kebersihan lingkungan. 

Dansub 06 sektor 22 berpendapat bahwa menyatukan ketiga kelurahan yang berada di Bandung Kulon, supaya aparat kewilayahan tersebut mengerti keberadaan sampah yang sebenarnya di daerahnya. 

"Gabungan tiga Kelurahan untuk bersihkan sampah di satu kelurahan, kami harap mereka bersatu padu ada hasil yang menjadi solusi pada penyelesaian masalah sampah dengan bersama sama berpikir, maka ada hasil yang maksimal buat kebersihan lingkungannya," kata Mulyanto.  

Ia pun memaparkan kepada aparat kewilayahan dan semua peserta apel pagi, pada paparannya bahwa untuk meningkatkan kemajuan peduli kebersihan lingkungan jangan sampai memiliki ego sektoral di tiap kelurahan. 

Harus ada sinergitas yang aktif pada penyelesaian lingkungan, dengan kolaborasi menyatukan keinginan yang sama yaitu terfokus pada suksesi program di kewilayahan. 

"Karena program kita ini banyak kesamaan pada kebersihan sungai dan lingkungannya, maka saya kira kalo bersama sama bergerak program kang pisman, 100% bebas ODF dan terhindar dari Stunting akan cepat tercapai," ujar Mulyanto. 

Sama seperti yang diualcapkan oleh Titin (Lurah Cigondewah Kaler), ia pun mengatakan bahwa kolaborasi ini bisa bersama sama memantau celah sumber sampahnya dan menciptakan solusi untuk menyelesaikannya maka dengan mudah bisa menghindari dan mencegah sumber samapah tidak ada lagi di sungai maupun di lingkungan. 

"Betul sekali bila kita bisa bersama mencegah dan memeringatkan pada masyarakat, sehingga mereka pun akan mengerti akibat masifnya kita semua pada pelarangan buang sampah tapi kelolalah sampah itu dengan program kang pisman, saya yakin masalah sampah akan tuntas ditempat," kata Titin. 

Gabungan antar kelurahan pada pembersihan Sungai Cikendal akan terus berkelanjutan diwilayah Bandung Kolon lainya, sehingga ada keseriusan yang kuat dari kewilayahan untuk membereskannya.

Kolaborasi pembersihan sampah di Kecamtan Bandung Kulon, hingga terhimpun personil sebanyak 58 orang termasuk utusan dari UPT Das wilayah Tegallega. 

Pembersihan rumput sedimentasi dan pengangkatan sampah di Sungai Cikendal ini, sepanjang 100 M, hasil yang terangkat sampah 60 karung berat 1,5 ton dibuang ke TPS Cicukang.

Hadir pada giat tersebut, Staf kecamatan (Pak Budi fan pak Ramdani), Lurah Cigondewah Kaler (Ibu Titin), Kasi ekbang Cigondewah kidul (Pak Agus) berikut Rt dan Rw setempat.   (Benny)**

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

{getFeatured} $results={5} $label={recent}

Unordered List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Support

Break