Bibit Pohon Berbagai Jenis Yang Ada di Sub 15 Sektor 22 Citarum Harum Sebagian Didistribusikan Kepada Sub 08 Sektor 22 Akan Ditanam Di Kawasan Bandung Utara (KBU) Merupakan Upaya Untuk Penghijauan

Bandung. Mapolda.Com

Bibit Pohon yang ada di Sub Pembibitan Sektor 22 (Sub 15-22) Satgas Citarum Harum, mulai disalurkan ke Sub 8-22, untuk rencana tanam di wilayah KBU Punclut.

Persedian berbagai jenis tanamam yang bersumber di Satgas Citarum Sektor 22, merupakan upaya untuk penghijauan lahan kritis, sebagai penyeimbang keberadaan alam bahkan sebagai kebutuhan utama untuk mengembalikan bank air tanah yang semakin tahun mulai hilang. 

Menurut Seru Eko (Dansub 15-22) hasil pembibitan dari sektor 22 sudah direalisasikan puluhan ribu tanaman keras dan buah buahan sejak dua tahun ke belakang, Selasa (5/01/2021).

"Sekira 80.000 tanaman keras dan buah buahan yang sudah ditanamkan pada 2 Tahun ke belakang, kebanyakan di wilayah dataran tinggi lahan kritis Cimenyan," ujarnya. 

Dihadapkan dengan musim hujan, pada aturan penanaman bahwa ini sangat tepat waktunya, karena pohon usia awal tanam sangat membutuhkan air yang seimbang dengan sinar matahari bahkan jangam sampai kekurangan air. 

"Saat ini kami mengirim bibit sebanyak 500 pohon, dengan usia tanam yang cukup didukung oleh iklim yang tepat, Insha Alloh ini saat yang pas buat menanam," jelas Eko. 

Eko juga menambahkan, bahwa bibit tanaman ini untuk nendukung sub 8 sektor 22, yang akan mengadakan aksi penanaman di Daerah Punclut berbatasan dengan Kecamatan Lembang. Sebanyak 10 jenis bibit pohon terdiri dari pohon keras dan buah  dengan jumlah 500 bibit, diantara pohon buah yaitu Jambu kristal, Kelengkeng dan Sirsak.

Pesan dari Dansektor 22 Citarum Harum (Kol. Inf. Eppy Gustiawan) yaitu melakukan pemeliharaan pasca tanam, hal ini dipelajari dari beberapa tahun ke belakang bahwa ribuan pohon ditanam yang hidup hanya beberapa persennya. 

"Kita jangan hanya bisa menanam, banyak orang yang bisa melakukan itu, tapi kita juga harus melakukan pemeliharaan pasca tanam sehingga sudah terlihat tumbuh dengan benar baru kita lepas, hanya pemantauan saja setelah itu," ujar Kolonel Eppy.     (Benny)**

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

{getFeatured} $results={5} $label={recent}

Unordered List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Support

Break