700 Kilogram Sampah Berhasil Diangkat Sub 04 Sektor 22 Satgas Citarum Harum Bersama Gober Kewilayahan Dari Sungai Cikapundung Sepanjang 50 Meter Sekaligus Pembersihan Sedimentasi Di Wilayah RW. 04 Kel. Cijagra Kec. Lengkong Kota Bandung

Bandung. Mapolda.Com

Carut marutnya sampah di Sungai Cikapundung wilayah Rw. 04 Kelurahan Cijagra Kecamatan Lengkong, membuat geraknya Satgas Sektor 22 Sub 04 untuk pemebersihan sungai. 

Dipimpin Sertu Agus Tardiman (Dansub 04-22) untuk mengerahkan pasukan satgas, dibantu gober kelurahan pada pengangkatan sampah dan perapihan sedimentasi. 

Menurut Agus, hal ini merupakan kejadian biasa bila pasca hujan besar sampah terbawa arus hujan dan mengendap bersama sedimentasi. 

"Tumpukan sampah ini hasil bawaan air hujan dan memang begini biasanya terjadi, artinya sampah di darat masih belum terkondisikan dengan baik oleh masyarakat, padahal kami sudah sering melakukan sosialisasi " kata Agus. 

Budaya nyampah dengan benar yang selalu dienduskan oleh pemerintah Kota Bandung, masih belum menerap pada masyatakat seutuhnya, sehingga sungai masih pula kotor. 

Satgas Citarum Harum Sektor 22 hampir tiap hari bergerak membersihkan sampah umumnya di tiap sungai, hal ini dibarengi dengan sosialisasi merupakan edukasi terhadap warga, supaya bisa merubah kebiasaan prilaku yang salah.

"Kalo saya perhatikan tiap hari saat melakukan operasi sungai sekalian komunikasi sosial, masyarakat ini sudah takut membuang sampahnya ke sungai, terkadang sampah ini dari tempat yang tidak diketahui, bisa jadi dari warga yang lewat," kata Agus. 

Ia hanya bisa berharap, dengan masifnya berkolaborasi dengan kewilayahan bisa menghasilkan penyertaan perubahan prilaku masyarakat.

"Mudah mudahan masyarakat semakin berubah adat biasanya jorok menyampah, dengan adanya satgas dan gober bisa hidup lebih tertib lagi," haranya. 

Pada pembersihan kali ini di sungai sepanjang sekitar (-+) 50 M dengan hasil sampah (-+) 700 kg. Sampah ditampung di TPS Kelurahan sebelum dibuang ke TPA Sarimukti.    (Benny)**

Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

{getFeatured} $results={5} $label={recent}

Unordered List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Support

Break