Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Kerjasama Dengan Dinkes Kota Bandung Guna Percepatan ODF (Open Defecation Free) Di Tahun 2020

Bandung. Mapolda.Com

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan terbebas dari Open Defecation Free (ODF) atau Buang Air Besar Sembarangan pada 2020 mendatang, yang saat ini, baru mencapai mencapai 64,39 persen.

Untuk mencapai target tersebut, Kolaborasi serta koordinasi semua pihak harus tercipta sinergitas dalam praktek nya di lapangan, seperti yang di lakukan Dansektor 22 Kolonel Eppy Gustiawan melakukan koordinasi dengan Dinas kesehatan kota Bandung bertempat di Kantor Dinkes Kota Bandung (jalan Supratman No. 73 Kota Bandung) Rabu ( 19/8/2020).

Pertemuan tersebut Dansektor 22 di terima Kabid Kesling dan Kasi Kesling untuk membahas pencapaian ODF Serta 5 Pilar STBM ( Sanitasi total Berbasis Masyarakat ) diantaranya jangan buang air besar sembarangan (BABS), cucilah tangan pakai sabun, mengelola air minum dengan baik, mengelola sampah rumah tangga dan mengelola limbah cair rumah tangga.Sehingga percepatan perbaikan DAS Citarum bisa cepat terwujud.

Sampai saat ini baru di 7 Kelurahan di Kota Bandung yang sudah ODF yaitu Kel. Rancanumpang, Kel. Ciateul, Kel. Cihapit, Kel. Paledang, Kel. Manjahlega, Kel. Citarum dan Kel. Antapani Tengah.

Menurut Dansektor 22 Eppy Gustiawan ,” jika Lingkungan sehat, bersih serta nyaman merupakan dambaan kita semua. Untuk mewujudkan hal itu, kita seluruh lapisan dan elemen perlu mengikuti 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) diantaranya jangan buang air besar sembarangan (BABS), cucilah tangan pakai sabun, mengelola air minum dengan baik,” Ujar nya.
” Eppy pun berharap sampah rumah tangga dan mengelola limbah cair rumah tangga. Dalam menyelenggarakan STBM, masyarakat perlu dipicu dan difasilitasi oleh tenaga kesehatan, kader, pemda setempat, maupun fasilitator pendukung lainnya agar menemukan sendiri masalah kesehatan yang mereka anggap penting dan pada akhirnya merekalah juga yang memutuskan perubahan ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, perubahan perilaku tidak hanya oleh satu orang tetapi dilakukan oleh semua keluarga.” Pungkas nya.

Pada intinya pembangunan kesehatan ini bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab seluruh masyarakat. Di kota Bandung masyarakat yang mempunyai septic tank mencapai 64,39 persen dari jumlah 2,5 juta jiwa, padahal kota Bandung merupakan tempat destinasi wisata.

Harapan dan doa semoga melalui program percepatan/pemicuan dapat merubah Perilaku masyarakat dan ke depannya tidak ada lagi buang air besar sembarangan/sungai. Meskipun closed terbuat dari porselen mahal bila membuang tinja masih ke sungai tetap saja mencemari lingkungan sekitar.   (Benny)**
Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar

Blog Archive

Definition List

{getFeatured} $results={5} $label={recent}

Unordered List

Definition list
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.
Lorem ipsum dolor sit amet
Consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Support

Break